Selasa, 30 Juli 2013

Sudahkah Anda Senyum Hari Ini ?

     Sudahkah Anda senyum hari ini ??? Pertanyaan yang sangat simple bahkan terkesan basi. Tapi, kalimat itu sering saya tanyakan setiap kali saya mengisi materi di hadapan puluhan bahkan ratusan siswa di berbagai tempat. Keinginan saya sederhana saja, manakala memulai aktivitas kalau ekspresi dan hati orang yang kita ajak komunikasi "galau" rasanya tidak enak. Dan yang paling utama, senyum itu shodaqoh. Ada lho haditsnya " Tabassumuka Fii Wajhi Akhika Shodaqoh" yang artinya "Senyummu di hadapan saudaramu adalah shodaqoh". Hadits ini biasa diajarkan pada santri-santri Taman Qur'an. Dan ini adalah salah satu hadits favorit saya (^_^).

    Sekalipun senyum itu shodaqoh, tentunya kita pun harus menempatkan sesuai porsinya. Ga enak juga kalau di jalan, ga ada siapa-siapa ternyata kita senyum-senyum sendirian. Bisa repot urusannya ...(he he he ).
Oh ya, untuk tersenyum ternyata kita hanya membutuhkan otot wajah yang jauh lebih sedikit daripada cemberut. Kalau senyum hanya butuh 17 otot saja sedangkan cemberut 43 otot wajah terkuras. Waaahh, luar biasa bedanya kan ... Bisa dibayangkan kalau setiap saat kita cemberut, apa jadinya dengan wajah kita. Begitu banyak otot-otot wajah kita ketarik. So pasti, ga enak di lihat.

    Naaahhh, di bulan baik ini, hayuuuuu kita banyakin senyum, kan langsung dapet double, sehat & shodaqoh. Kalau yang sudah membudayakan senyum, pertahankan ... jangan sampai berkurang apalagi hilang. Bagi yang belum biasa, ga ada salahnya untuk memulai hari ini. Kalau hari ini belum senyum, masih ada hari esok tapi lebih cepat lebih baik. Untuk melakukan kebaikan jangan ditunda-tunda ya (^_^)
So ... Mari kita budayakan SENYUM.

Tambun - Bekasi