Jumat, 02 Agustus 2013

Kunci Kehebatan Finlandia

     

    Setiap kali mendengar nama negara ini, selalu ada yang menggelitik di kalbu dan mengundang rasa penasaran yang tinggi. Negara penghasil telepon genggam Nokia & negeri kelahiran Angry Birds ini memang sangat terkenal dengan sistem pendidikannya & merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

    Sangat mencengangkan karena hampir semua gurunya di sana merupakan lulusan S2, dan profesi guru adalah profesi yang dibanggakan dan terhormat dibandingkan dengan profesi-profesi lain. Rekor prestasi siswanya pun  sangat luar biasa, terbukti dalam ajang lomba membaca, matematika dan sains tingkat dunia diraih semuanya oleh siswa-siswa dari Finlandia.

    Selidik punya selidik ternyata di Finlandia "membaca" merupakan kegiatan aktif yang sudah dimulai sejak usia dini. Buku anak-anak banyak sekali diterbitkan dibandingkan dengan negara-negara lain. Tujuan penerbitan buku bacaan anak-anak itu agar sejalan dengan program yang dicanangkan di sana yaitu membiasakan membaca sejak usia dini.

    Selain yang saya paparkan di atas, masih banyak lagi alasan-alasan mengapa Finlandia mendapat predikat sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Namun, untuk kali ini saya hanya menggaris bawahi tentang kebiasaan membaca yang sudah diterapkan sejak usia dini, karena hal ini sudah diajarkan dalam Islam sejak wahyu pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, yakni dalam surat Al Alaq ayat 1 - 5. Di mana ditekankan kepada kita untuk membaca, membaca dan membaca. Sungguh , Islam agama yang luar biasa, yang ajarannya begitu dashyat, mengajarkan kebaikan dan keagungan dalam mencari ilmu. Dan terpampang nyata, negara yang sudah mempraktekan ajaran Islam ini untuk membaca, negara itu menjadi negara yang hebat dan diakui kehebatannya oleh dunia.

    Malu rasanya kalau kita yang sebagai Muslim / Muslimah tidak menyenangi dan membiasakan diri untuk membaca. Padahal sangat jelas dengan membaca akan membuat kita menjadi insan-insan yang berilmu. Dan orang yang berilmu tidak akan diremehkan oleh orang lain. Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dari kehebatan membaca di negara Finlandia dan mempraktekkannya langsung dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tambun - Bekasi