Kamis, 11 Juli 2013

ALOKASI WAKTU MEMBACA AL QUR'AN DI BULAN RAMADHAN



Alhamdulillaah ... Allah SWT masih mempertemukan dan mengizinkan kita untuk berada di bulan Ramadhan tahun ini (1434 H). Selain berpuasa yang sudah menjadi kewajiban, mengkhatamkan Qur'an 30 juz juga menjadi target yang harus tercapai di bulan Ramadhan. Sayang jika Ramadhan tahun ini terlewatkan begitu saja tanpa kita khatam Qur'an sekali pun.

Bagi laki-laki jika membaca Qur'an 1 hari 1 juz, insyaAllah masih terkejar khatam 1 kali, karena tidak ada halangannnya (haidh). Tetapi bagi wanita, jika satu hari hanya membaca 1 juz, tentunya tidak akan tercapai khatam 1 kali, karena terhalang oleh haidh, yang kurang lebih waktunya antara 3 - 7 hari. Kalau di ambil rata-rata, ada waktu 1 minggu ( 7 hari ) yang bagi wanita haidh tidak membaca Qur'an. Otomatis waktu yang tersisa adalah 3 minggu untuk menyelesaikan khataman Qur'annya. Waktu yang hanya 3 minggu ini harus disiasati dengan baik agar khataman Qur'an di Bulan Ramadhan dapat tercapai. Jika tidak, maka target khatam Qur'an di bulan Ramdhan bisa lewat. Jadi, untuk wanita, mau tidak mau harus mengusahakan membaca Qur'annya 1,5 - 2 Juz / hari. Hmmm, lebih berat ya ?? (^_^)

Berdasarkan pengalaman pribadi, alokasi waktu agar membaca Qur'an 1,5 - 2 Juz / hari tercapai adalah sebagai berikut :

1. 30 menit sesudah Sholat Subuh
2. 30 menit sesudah Sholat Dhuha
3. 30 menit sesudah Sholat Dzuhur
4. 15 menit sesudah Sholat Ashar
5. 10 menit sesudah Sholat Maghrib
6. 60 menit sesudah Sholat Tarawih

Jika di antara teman-teman ada yang alokasi waktu membaca Qur'annya melebihi dari waktu yang di atas, sangat bagus sekali. Naaahh, dari alokasi waktu yang sudah dibuat sedemikian rupa, ada yang memegang peranan penting untuk kesuksesan kita dalam pencapaian target ini, yaitu KONSISTEN / ISTIQOMAH nya kita dalam melakukan itu semua.

Akhir kata, semoga tulisan ini bermanfaat dan kita dimudahkan oleh Allah SWT dalam mengkhatamkan Qur'an di Bulan Ramadhan tahun ini. Harapan kita semua agar ibadah di bulan Ramadhan 1434 H lebih baik dari sebelumnya dan menjadikan  kita selalu dalam golongan ORANG-ORANG BERTAQWA. Aamiin.

Tambun - Bekasi