Senin, 01 Juli 2013

Mengenali Gejala Awal Penyakit Usus Buntu

          Kurang lebih 1 bulan yang lalu, tepatnya hari Rabu tanggal 28 Mei 2013 saya menjalani operasi usus buntu di Rumah Sakit Bella di Bekasi. Selama 2 jam operasi itu berlangsung, dari pukul 08.00 hingga pukul 10.00 WIB. Waktu yang cukup lama untuk sebuah proses tindakan operasi.  Ternyata, dari keterangan dokter bedah saya, Dr. Dem Heryanto, SpB, mengatakan lamanya waktu operasi akibat usus buntu saya sudah mengalami pelengketan ke jaringan-jaringan yang lain. Kalau mendengarkan cerita dokternya, mengerikan juga. Tapi Alhamdulillaah, hal yang mengerikan itu cepat diketahui walaupun saya & suami mengetahuinya terlambat, namun tak apa, lebih baik terlambat daripada tidak tahu sama sekali.
Alhamdulillaah, saat ini rasa sakit pasca operasi berangsur-angsur hilang, walaupun terkadang ada rasa nyeri-nyeri di bagian tempat operasi jika aktivitas agak berlebih. Namun semuanya jauh lebih baik dari sebelumnya. Mudah-mudahan akan selalu baik dan sehat. Aamiin.

           Berdasarkan kejadian tersebut, saya ingin berbagi tentang gejala awal penyakit usus buntu  yang saya rasakan. Mudah-mudahan bisa membantu teman-teman semua melakukan pengecekan dini agar hal yang terjadi pada saya tidak terjadi pada teman-teman semua.

Gejala awal penyakit usus buntu yang saya rasakan :
1. Sakit di bagian area pusar perut, namun makin lama menjalar ke bagian perut sebelah kanan. Tanda awal ini seringkali salah diartikan, karena saya sendiri hanya mengira masuk angin atau kembung.

2. Perut sebelah kanan sakit tiada henti, apalagi saat kita naik motor dan melewati "polisi tidur", kita akan merasakan sakit yang luar biasa.

         Jika kedua gejala awal itu terjadi pada teman-teman, sebaiknya langsung periksakan ke dokter bedah umum, untuk ditindak lanjuti lebih cepat. Untuk memastikan apakah kita positiv usus buntu atau tidak, dokter akan meminta kita untuk RONTGEN APENDIX (Rontgen Usus Buntu) seperti yang saya jalani, dan bisa juga melalui Tes Darah ( informasi dari teman yang diketahui usus buntu dari hasil tes darah ).

         Demikianlah informasi yang bisa saya berikan. Semoga kita semua selalu disehatkan karena dengan tubuh yang sehat kita akan bisa melakukan aktivitas secara maksimal. Mengutip dari kata-kata indah tentang kesehatan "MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI". 

Salam Sehat !



Saat sedang sakit :

1. Jangan lupa untuk selalu berdo'a kepada Allah SWT agar diberikan kesembuhan.

2. Minum obat sesuai resep dokter.

3. Nikmati rasa sakit sebagai penghapus dosa-dosa kita.

4. Jangan lupa untuk selalu tersenyum (^_^)   
                 

Tambun - Bekasi