Jumat, 16 Mei 2014

Nuansa Keindahan Membaca Al Qur'an One Day One Juz

Alhamdulillaah, kurang lebih 4,5 bulan saya bergabung dalam komunitas One Day One Juz. Komunitas yang pada tanggal 4 Mei lalu, mengadakan Grand Launching-nya di Mesjid Istiqlal dan mendapatkan Rekor Muri, bukan hanya nasional tapi juga internasional. Di sini, saya tidak akan menulis tentang komunitas One Day One Juz, karena sudah banyak penulis-penulis hebat menuliskannya. Tapi, yang saya tulis adalah nuansa keindahan yang saya dapatkan setelah menjalankan One Day One Juz.

Menyelesaikan tilawah satu hari satu juz bahkan lebih, biasanya saya lakukan saat bulan Ramadhan. Sedangkan di bulan-bulan lain, belum maksimal. Tetapi, setelah bergabung dalam komunitas One Day One Juz, semuanya berubah. Walaupun awalnya dipaksa untuk menyelesaikan satu hari satu juz, tapi akhirnya menjadi biasa. Dari yang tadinya berat akhirnya menjadi sangat ringan.

Dari kebiasaan inilah saya mendapatkan beberapa nuansa keindahan yang luar biasa, pertama yaitu hati menjadi tenang. Untuk saya yang sekarang bergelut dalam dunia konseling, ketenangan hati amat sangat mempunyai peran yang penting ketika saya membantu siswa-siswi menyelesaikan masalah. Begitu juga saat menjadi tempat curhat ibu-ibu di majlis ta'lim. Ketenangan hati membuat saya lebih mudah menyusun kata demi kata dalam memberikan solusi.

Nuansa keindahan kedua yang saya dapatkan adalah kemudahan dalam segala urusan. Mungkin ini terdengar klise, tapi saya merasakannya. Tidak bisa saya tuliskan satu persatu urusannya, karena terlalu banyak urusan yang sudah Allah mudahkan untuk saya.

Nuansa keindahan ketiga adalah kekuatan Ukhuwah Islamiyah. Dari yang tidak kenal menjadi mengenal. Saling mengingatkan dan memberi semangat menjadi makanan sehari-hari. Tegur sapa, canda ria bercampur menjadi satu dalam rangkaian kebersamaan. Kebiasaan memberi semangat ini saya tularkan ke anak didik saya, ibu-ibu majlis ta'lim dan yang paling utama ke diri saya sendiri. (^_^)

Itulah tiga nuansa keindahan yang saya dapatkan. Saya yakin ODOJERS lain pun merasakan hal yang sama, bahkan mungkin lebih banyak lagi  yang mereka dapatkan.

Dari semua ini, saya menyimpulkan bahwa satu perbuatan baik yang kita lakukan dan terus menerus pasti akan memberikan energi positif yang melahirkan nuansa keindahan, membawa hidup kita ke arah yang lebih baik. Dan tidak lupa, dalam setiap do'a, saya memohon agar diistiqomahkan membaca Al Qur'an "One Day One Juz". Aamiin.

Group ODOJ 1138
Tambun - Bekasi