Selasa, 02 Oktober 2018

UPDATE BERITA

Tahun 2012, selain diamanahkan sebagai guru BK SMP, saya juga mengajar mata pelajaran IPS kelas 9. Karena sadar diri mengajar ilmu sosial, maka saya rajin update berita agar tidak kudet alias kurang update. Bagi saya update berita suatu kebutuhan untuk menunjang proses pembelajaran IPS di kelas. Dan saya pun menularkan kebiasaan update berita ini pada siswa sejak tahun 2013 hingga sekarang.

Mengarahkan siswa update berita perlu kehati-hatian, karena saya harus mengingatkan mereka untuk mencari berita yang tidak hoax dan juga bukan gosip-gosip artis. Tujuannya adalah agar siswa mengetahui kondisi kekinian di lingkungan. Sumber beritanya bisa dari televisi, radio, koran atau berita online. Bahkan berita mengenai kegiatan sekolah juga boleh. Selain itu, agar mereka bisa mengambil manfaat dari HP canggih mereka. Jadi, HP nya di rumah bukan hanya digunakan untuk chatting-an semata tapi juga menambah wawasan dan pengetahuan.

Cara mereka update berita sederhana, cukup dibacakan satu berita terkini, kejadian selama 1 pekan terakhir, sumbernya bebas, mereka bacakan di kelas saat awal pembelajaran IPS.
Berikut panduan Update Berita saat mata pelajaran IPS :
1. Setiap siswa mempunyai kesempatan membacakan 1 berita sepekan sekali.
2. Berita  yang dibacakan kejadian yang terjadi dalam 1 pekan terakhir.
3. Berita yang dibacakan tidak boleh mengandung unsur rasisme / pornografi.
4. Setiap siswa tidak boleh membacakan isi berita yang sama tapi kalau tema berita sama diperbolehkan.
5. Saat salah seorang membacakan berita, yang lain mendengarkan dengan baik.

Tanpa disadari, dengan rajin meng-update berita, sudah banyak berita yang kita baca dan dengarkan. Contoh : jika dalam 1 kelas ada 24 siswa, dan 24 siswa tersebut update berita, berarti dalam 1 pekan kita sudah membaca / mendengarkan  berita sebanyak 24, dalam sebulan 96 berita dan dalam 1 tahun sudah ada 1.152 berita yang kita update. Keren kaaan ?

Oh ya, di akhir tahun pembelajaran, setiap siswa pengupdate berita terbanyak dari setiap kelas yang saja ajar dan juga kelas dengan jumlah update berita terbanyak mendapatkan hadiah menarik dari saya. Menarik untuk dilihat dan bermanfaat saat digunakan 😊😊😊

Kalau untuk saya pribadi, salah satu media sosial penunjang dalam update berita adalah twitter. Di sana kita bisa follow stasiun TV, radio dan tokoh-tokoh. Kecepatan update berita di twitter hitungannya detik, jadi dalam 5 menit saja, banyak berita yang terbaca. 

Untuk anak-anak SMP sekarang, sudah jarang yang menggunakan twitter, mereka biasanya aktif di Instagram dan Line. Dan kedua media sosial tersebut ( IG dan Line ) bisa juga lhoo untuk menunjang update berita. Jadiii ... silahkan dipilih saja. 

Selamat menikmati update berita, semoga bermanfaat.



Tambun -Bekasi